Gadgets

Sunday 27 February 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Menurut Saya (penulis), makna cinta itu sangat luas, bukan hanya sekedar kepada lawan jenis, tapi kepada makhluk Allah lainnya. Setiap makhluk mempunyai rasa cinta karena Sang Pencipta Maha Memiliki Cinta. Rasa cinta sangat mempengaruhi peradaban dan perkembangan manusia, karena rasa cinta itulah kita bisa saling menyayangi, menolong, saling membantu, kerja sama, dan layaknya makhluk sosial.

W.J.S Poerwadarminta,Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada),ataupun (rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.kasih artinya persaan atau cinta kepaa atau menaruh belas kasian.

>Dr Sarlito W.Srwono cinta memiliki tiga unsur yaitu:


keterikatan adalah adanya untuk hanya bersanma dia,segala priritas untuk dia.tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.kalau janji dengan dia harus ditepati,ada uang sedikit beli oleh-oleh untuk dia.


keintiman,yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menujukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.pangilan-pangilan formal seperti bapak,ibu,saudara digantikan dengan sekedar memangil nama atau sebutan sayang dan sbg.

kemesraan,yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibeli ,rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu,adanya ucapan-ucapan yang mengucapkan rasa sayang,dan seterusnya untuk lebih jelasnya gambar berikut yang menujukan segitiga cinta.


Dr.Sarlito W.Sarwono mengemukakan,bahwa tidak semua unsur cinta itu sama kuatnya.kadang-kadang ada keterikatan sangat kuat,tetapi kintiman atau kemesraannya kurang.cinta seperti itu mengandung kesetian yang amat kuat,kecemburuan besar,tetapi dirasakan oleh pasangan sebagai dingin atau hambar,karena idak ada kehangatan yang timbul kemesraan atau kintiman.misalnya cinta sahabat karib atau saudara sekandung yang penuh keakraban,tetapi tidak ada gejolak-gejolak mesra dan orang yang bersakutan masih lebih setia kepada hal-hal dari pada partnenya.cinta yang pincang yaitu cinta yang berwana degan kesraan yang sangat mengejolak,tatapi unsur keintiman dan ketertarikan yang kurang.

Cinta adalah perasan jiwa yang bergejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh,gairah,lembut,dan kasih sayang.dan cinta fitrah manusia murni,yang tak dapat trpisahkan dengan kehidupannya.

Didalam kitab suci Alqu’ran,ditemukan adanya fenomena cinta yang bersembunyi didalam jiwa manusia.cinta memiliki tiga tingkat-tingkatan:tingi,menengah,dan rendah.tingkatan cinta tersebut diatas adalah berdasarkan firman Allah dalam surat At-taubat ayat 24 artinya:
“katakanlah:jika bapak-bapak,anak-anak,saudara-saudara,istri-istri keluargamu,harta kekayaan yang kamu usahakan,perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya,dan rumah-rumah tempat tingal yang kamu sukai;adalah lebih kamu cinta dari pada Allah dan Rasulnya dan berjihad dijalannya,maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusannya,dan Allah memberikan petunjukan orang-orang fasik.”

Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah,Rasulullah dan berjihad di jalan Allah.Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua,anak,saudara,istri/suami dan kerabat.cinta tingkat rendah adalah cinta yang lebih mengutamakn keluarga,kerabat,harta dan tempat tinggal.

Hakekat cinta adalah suatu energi yang datang dari perasaan hati dan jiwa.ia timbul dari perasaan seseorang yang dicintainya,aqidah,keluarga,kekerabatan,atau persahabatan.cinta tingkat rendah adalah:cinta yang paling keji,hina,dan merusak rasa kemanusiaan.karena itu ia cinta rendah. Bentuknya beraneka ragam misalnya:
1.cinta kepada thagut.thagut adalah syetan,atau seseuatu yang selain tuhan dalam surat Al baqarh,Allah berfirman:
Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan Allah:mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah.
2.cinta berdasarkan hawa nafsu. 
3.cinta yang lebih mengutamakan kecintaan pada yang orang tua,anak,istri,perniagaan dan tempat tinggal.

Hikmah cinta adalah sangat besar.diantara hikmah-hikmah tersebut adalah:
1.sesungguhnya cinta itu adalah merupakan ujian yang berat dan pahit dalam kehidupan manusia,karena setiap cinta akan mengalami berbagai rintangan.
2.bahwa fenomena cinta telah melekat didalam jiwa manusia merupakan pendorong dan pembangkit yang paling besar didalam melestarikan kehidupan lingkungan.
3.bahwa fenomena cinta merupakan faktor utama didalam kelanjutan hidup manusia,dalam kenal-mengenal antra mereka.
4.fenomena cinta,jika diperhatikan merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan antara anggota keluarga,kerukunan bermasyarakat,mengasihi sesama makhluk hidup,menegakkan keamanan,ketentraman,dan keselamatan disegala penjuru bumi.


B.CINTA MENURUT AJARAN AGAMA

Ada yang berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahami dengan dikaitkan dengan agama.Dalam kehidupan manusia,cinta menampakan diri dalam berbagai bentuk.kadang-kadang seseorang mencintai dirinya sendiri.kadang-kadang mencintai orang lain.atau juga istri dan anaknya,hartanya,atau Allah dan Rasulnya.berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab Al qur’an:
1.cinta diri:erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri.
2.cinta kepada sesama manusia:agar manusia dapat huidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya,tidak boleh ia harus membatasi cintanya pada diri sendiri dan egoismenya.
3.cinta seksual
cinta erat kaitnya dengan dorongan seksual.sebab ialah yang bekerja dalm melestarikan kasih sayang,keserasian,dan kerja sama antara suami istri.meruoakan faktor primer bagi kelngsungan hidup keluarga:
“dan di antaran tanda-tanda kekuasaannya ialah dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendri,supaya kamu cenderung dan merasa tenttram kepadanya,dan dijadikannya diantaramu rasa dan sayang.sesunggunya pada yang demikian itu bener-bener terdapat tanda-tanda bagi yang brpikir.Qs,Ar-Rum,30:21)”
4.cinta kebapakan
mengingatkan antara ayah dengan anak-anaknya terjalin oleh ikatan-ikatan fisiologi seperti yang menghubungkan si ibu dengan anaknya.
5.cinta kepada Allah
Puncak cinta manusia,yang paling bening,jernih dan spritual ialah cintanya kepada Allah dan kerinduannya kepadanya.
6.cinta kepada rasul
Cinta kepada rasul,yang diutus Allah sebagai rahman seluruh alam semesta,menduduki peringkat ke dua setelah cinta kepada Allah.

C.KASIH SAYANG

Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa indonesia karangan W.J.S Poerwadarminta adalah perasaan sayang,perasaan cinta atau perasaan suka kepada sesorang.
Adanya kasih sayang ini mempengaruhi kehidupan si anak dalam masyarakat.orang tua dalam memberikan kasih sayangnya bermacam-macam demikian pula sebaliknya.dari car pemberian cinta kasih ini dapat dibedakan:
1.orang tua bersifat aktif,si anak bersifat pasif.
2.orang tua bersifat pasif,si anak bersifat aktif.
3.orang tua bersifat pasif,si anak bersifat pasif.
4.orang tua bersifat aktif,si anak bersifat aktif.

Asrus sani dalam sajak “surat dari ibu” mengukapkan betapa tulus cinta kasih seseorang ibu kepada anaknya.sajak asrul dibawah ini.

Surat dari ibu
Pergi ke dunia luas anakku sayang
Pergi ke hidupan bebas
Selamanya angin masih angin buritan
Dan matahari pagi menyinari daun-daunan
Dalam rimba dan padang hijau

Pergi ke dunia lepas,anakku sayang
Pergi ke alam bebas
Selama hari belum petang
Dan warna senja belum kemerah-merahan
menutup pintu waktu lampau

jika bayang telah pudar dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua tiang-tiang akan kering sendiri
dan mahkota sudah tahu pedoman
boleh engkau datang padaku
kembali pulang anakku sayang
kembali ke balik malam jika kapal telah rapat ketepian
kita akan bercerita tentang cinta dan hidupmu pagi hari

dalam sajak itu,asrul asni mengukapkan betapa tulus dan cinta kasih sayang seoang ibu kepada anaknya bukan dengan memanjakan melainkan dengan nasehat dan petuah-petuah agar anaknya pergi menuntun ilmu kenegri seberang,dan mencari pengalaman hidup sebanyak-banyaknya.
Ada beberapa macam kasus kasih sayang dalam kehidupan,semua orang tua mengharapkan anaknya bahagia,karena itu tidak sedikitpun orang tua menumpahkan kasih sayang secara berbeda-beda sesuai kemampuan dan pendapatannya.

D.KEMESRAAN 

Kemesraan berasal dari kata dasar mesra,yang perasaan simpati yang akrab.kemesraan adalah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.

E.PEMUJAAN

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta kepada tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.kecintaan manusia kepada tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.hal ini ialah karena pemujaan kepada tuhan adalah inti,nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.apa sebabnya itu terjadi adalah karena tuhan menciptakan alam semesta.dalam surat Al-furqon ayat 59-60 yang menyatakan,”dia yang menciptakan langit dan bumi beserta apa-apa diantara keduanya dalam enam rangkaian masa,kemudian dia bertahta diatas singgasananya dia maha pengasih,maka tanyakanlah kepadanya tantang soal-soal apa yang perlu diketahui.”
Surat 60,”bila dikatakan kepada mereka,sujudlah kepada tuhan yang maha pengasih.”
Tuhan adalah pencipta,tatapi tuhan juga penghancur segalanya,bila manusia mengabaikan segala perintahnya.

F.BELAS KASIHAN

Dalam surat yohanes dijjelaskan ada 3 macam cinta:
1.Cinta agape ialah cinta manusia kepada tuhan.
2.cinta philia ialah kepada ibu bapak (orang tua)dan saudara.
3.cinta amor/eros ialah antara pria dan wanita.

a.cara-cara menumpahkan belas kasihan

dalam kehidupan banyak sekali yang harus kita kasihani dan banyak cara kita menumpahkan belas kasian.yang perlu kita kasihani antara lain:piatu,orang-orang jompo yang tidak mempunyai ahli waris,pengemis yang benar-benar tidak mampu bekerja,orang sakit dirumah sakit,orang cacat,masyarakat kita yang hidup menderita dan sebagainya.

G.CINTA KASIH EROTIS

Cinta kasih erotis ialah berlawanan dua jenis cinta kasih,yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna,akan penyatuan dengan seseorang lainya.pada hakekatnya cinta kasih tersebut bersifat ekskulsif,bukan uniliversal,dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya.
Faktor-faktor mengatasi keterpisahan:
>bercakap-bercakap tentang kehidupan diri pribadi.
>tentang pengharapan-pengharapan dan kecemas-kecemasannya.
>menampakan diri dengan segi-segi keanehannya
>mengadakan hubungan dan minat yang sama terhadap dunia sekitar

Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih,mempunyai satu pendirian,yaitu bahwa seseorang sungguh-sngguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya,pada hakekanya,semua makhluk manusia itu identik.

Demikian pandangan bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari pada perbuatan kemauan,kedua-duanya benar,atau lebih tepat jika dikatakan bahwa tidak terdapat pada yang satu juga tidak pada yang lain.oleh karna itu pernikahan mudah saja dapat diputuskan apabila orang tidak bersukses didalamnya merupakan gagasan yang sama sekali keliru dengan gagasan bahwa hubungan semacam itu di dalam keadaan bagaimana tidak boleh diputuskan.

sumber : http://hatiryan.wordpress.com/2009/11/21/ilmu-budaya-dasar-bab-4/

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com