Gadgets

Wednesday 2 March 2011

Nilai Budaya Dasar yang Berhubungan Dengan Kemajuan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung terhadap kemajuan yang telah diciptakannya itu. Hal ini merupakan sikap ambivalen teknologi, yang disamping memberikan segi positif, juga memiliki segi negatif.

Pada dasarnya diseluruh belahan dunia ini telah terinfeksi oleh budaya "barat" yang seharusnya cocok pada belahan dunia bagian barat. Namun nilai-nilai budaya "barat" ini sangat mempengaruhi budaya di negara lainnya, karena mengedepankan nilai kebebasan atau freedom, sehingga budaya di negara sendiripun dilupakan.

Budaya yang telah mendominasi dunia itu bukan begitu saja masuk ke negara lainnya, itu dikarenakan mass media mulai dari koran, radio, televisi, mobilephone, bahkan internet. melalui media komunikasi yang cepat berkembang itu budaya-budaya mulai diperkenalkan ke luar negeri, namun kenyataanya di negara tercinta Indonesia budaya lokal seperti tamu di negara sendiri. Sungguh sangat disayangkan. Namun masyarakat bisa menghidupkan budaya lokal kembali dengan mempromosikan lewat media komunikasi dengan syarat : mengenal dan mencintai budaya sendiri.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com